Menikah muda?

Akhir-akhir ini, saya mengamati dan menemukan fakta bahwa semakin banyak pasangan yang menikah muda (baca: rentang usia 20-25 tahun).

Sering banget kepikiran, kenapa ya mereka mau menikah semuda itu? hmmm ya mungkin setiap orang pasti punya pemikiran yang berbeda, terlebih untuk menikah, momen terbesar dalam hidup dan (semoga) satu kali seumur hidup. Kalau saya? tentu tidak akan mau menikah muda.

Menurut saya, menikah itu bukan akhir dari perjalanan panjang setelah pacaran bertahun-tahun. Jelas bukan itu. Menikah itu bukan akhir, tapi awal dari semuanya. Awal dari semua kewajiban besar dan tanggung jawab diri kita sebagai suami/istri di diri sendiri, keluarga, masyarakat dan Allah SWT.

Menikah bukan karena pelampiasan nafsu, menghalalkan yang sebelumnya diharamkan. Jelas bukan itu. Kalau menikah hanya karena nafsu dan menuruti biologis, saya yakin, suatu saat akan ada titik terakhir. Bosan. Atau ada yang lebih baik? Yang lebih mengguncang nafsu dan biologis?

Menikah bukan karena ya ingin nikah aja, tapi di lain sisi tidak ada persiapan. Tidak siap secara mental, materi, fisik dan rohani. Buat saya ini sungguh penting, bisa dibilang ini fondasi. Kenapa? karena saya melihat banyak orang gagal dalam pernikahannya karena hal-hal fondasi seperti ini belum ada (atau bahkan tidak ada) saat ia memutuskan menikah. Dan balik lagi kenapa saya ga akan mau menikah muda, karena fondasi tersebut tidak ada pada usia saya saat itu.

Menikah itu berat, ga seperti pacaran yang tiap saat bisa putus dan berganti dengan yang baru. Menikah itu berat, karena ada Allah SWT yang menjadi saksi atas janji seumur hidup.

Menikah buat saya hal yang teramat sangat berat dan harus direncanakan. Bukan hanya rencana mempersiapkan pernikahan, tapi rencana setelah pernikahan terlaksana dan tahun-tahun ke depan.

Selama masih muda, nikmati saja hidup. Nikmati belajar sebanyak-banyaknya. Tuntut ilmu setinggi-tingginya. Nikmati penghasilan yang dimiliki dari jerih payah sendiri. Dan bahagiakanlah orang tua dengan penghasilan sendiri, sebelum menikah dan harus berbagi pengeluaran pendapatan dengan pasangan.

Oiya, akan lebih bangga, bila bisa menikah dari uang kita sendiri tanpa bantuan orang tua. Hal ini tentu saja sulit dilakukan oleh teman-teman yang menikah muda atau bahkan masih kuliah dan belum berpenghasilan πŸ˜€

Terus kamu mau nikah kapan? sebentar lagi doongg.. Saya sudah tidak muda lagi πŸ˜€

Yang terpenting, insyaallah di usia yang tidak muda ini saya sudah mempunyai fondasi itu. Dan alhamdulillah saya berhasil memiliki pasangan yang insyaallah tepat dan satu visi dan misi dengan saya.

Jadi, mengutip tulisan si pasangan saya di blognya.

To quote the greatest pirate ever Captain Jack Sparrow :

Lets bring ourselves, the Horizon!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s