Akhirnya Dapat Gedung

Dengan niat menikah sesuai kemampuan kami, maka ada beberapa hal yang saya dan Kiki pertimbangkan dalam memilih gedung tempat kami menikah nantinya.

  • Jumlah tamu yang kami undang.

Perlu diketahui, jumlah undangan akan sangat berpengaruh dengan pemilihan gedung yang dipilih. Semakin banyak undangannya, harus semakin besar pula gedungnya, dan otomatis harus persiapkan budget lebih karena gedung besar identik dengan biaya besar.

  • Keadaan Gedung, termasuk fasilitasnya

Dalam memilih gedung harus survey keadaan gedung yang sangat penting disaat pernikahan berlangsung, yaitu:

  1. Luas gedung dan tinggi gedung. Bisa dibayangkan nanti bagaimana diposisikan pelaminan tempat si pengantin berdiri sepanjang 2 jam.
  2. Ruang rias pengantin dan keluarga. Karena nantinya akan memakan waktu cukup lama untuk pengantin dan keluarga mempersiapkan diri dan berhias, sehingga sebaiknya di cek kelayakannya ruangan ini. Pilihlah yang berAC, supaya riasan tidak cepat luntur dan jadi merusak penampilan.
  3. Toilet tamu. Ini penting, karena setiap saat tamu bisa saja mau ke toilet. Sungguh kasihan kalau toiletnya jauh atau tidak layak (bahkan jorok).
  4. Dapur untuk katering. Ini penting banget, karena si pengantin atau pihak keluarga harus memastikan makanan yang disajikan bersih. Dan oleh karena itu, dapur harus bersih dan layak untuk mempersiapkan makanan.
  5. Lahan parkir. Keberadaan lahan parkir yang mumpuni juga menjadi nilai tambahan untuk suatu gedung, karena akan sungguh kasihan apabila tamu yang sudah bersedia meluangkan waktunya untuk hadir harus berjam-jam berputar mencari lahanΒ  parkir. Sebaiknya, habiskan waktu mereka di dalam gedung merayakan kebahagiaan dengan pengantin dibanding berputar-putar penuh emosi hanya untuk memarkirkan kendaraan.
  6. Keberadaan pengurus yang standby ketika pernikahan berlangsung, dan bertanggung jawab atas seluruh performa dan fasilitas yang diperjanjikan di awal oleh pihak gedung.
  • Keberadaaan masjid dalam lingkungan gedung.

Hal ini lebih dikarenakan adanya preferensi bagi si calon pengantin untuk melangsungkan akad di dalam Masjid.

  • Lokasi gedung

Pastikan lokasi gedung berada di tempat ternyaman untuk dijangkau oleh calon pengantin dan keluarga.

Dan dari semua alasan tersebut, terpilihlah Balai Makarti Muktitama sebagai tempat saya dan Kiki akan melangsungkan pernikahan.

1. Harga sangat ramah di kantong kami.

Cukup Rp.5.000.000,- untuk resepsi di gedung dan Rp.750.000,- untuk akad di masjid (harga tahun 2014).

2. Kapasitasnya pas dengan jumlah tamu yang akan kami undang.

Saya dan Kiki sepakat untuk mengundang beberapa tamu saja. Selain karena kami berdua pasangan pelit nan irit dan sadar kemampuan, tapi kami juga ingin agar pernikahan ini lebih hikmat dan bermakna dengan berbagi kebahagiaan dengan orang-orang terdekat kami saja (mohon maaf nanti yang ga terundang, mohon doanya ya untuk kami, maklum ini mampunya cuma segini πŸ˜€ ). Penginnya sih di awal, nikah ala bule-bule yang private dan ga lebih dari 100 orang tamu. Tapi apa daya, hal ini agak sulit kejadian di saya dan Kiki dengan jumlah keluarga kami yang cukup banyak.

Saat itu kami memutuskan akan mengundang sekitar 300-350 undangan yang terdiri dari keluarga inti, keluarga dekat, sahabat, teman kantor dan tetangga dekat. Setelah dirinci ulang, insyaallah cukup. Dan setelah dikonsultasikan ke orang tua kami, alhamdulillah mereka setuju. Alhamdulillaaahh banget saya diberi kedua orang tua dan calon mertua yang penurut, tidak menuntut macam-macam dan tidak ribet. Jadi sampai saat ini semua persiapan berjalan dengan lancar πŸ™‚

3. Tanggal yang kami mau ada.

Kami inginnya menikah di awal tahun (Februari pertengahan/akhir – Maret), supaya ga terlalu lama persiapannya sehingga keburu bosan, dan menghindari cuaca Jakarta yang biasanya akan sangat chaos (baca: hujan lebat disertai banjir) di periode Desember – awal Februari.

Dan setelah survey dan tanya langsung ke pengelola Balai Makarti Muktitama (di weekdays, karena pengelola merupakan PNS, sehingga weekend libur atau ada acara di gedung sehingga tidak fokus), kami mendapatkan tanggal di bulan Maret 2015. Alhamdulillah saat itu langsung DP supaya tidak tergeser mundur ke tanggal selanjutnya.

4.Gedungnya cantik dengan bentuk atap joglo dan lampu besar etnis di tengah-tengahnya.

5. Ceiling tinggi, fasilitas semua lengkap dengan keadaan berfungsi dengan sangat baik dan mencukupi.

Saya suka gedung dengan ceiling yang tinggi, bukan karena gimana-gimana, tapi saya selalu merasa sesak napas dalam ruangan dengan ceiling rendah. Dan kebetulan keinginan dari muda yang ingin menikah dengan adat Minang dengan pelaminan bagonjongnya yang tinggi, maka ceiling tinggi adalah syarat utama (selain harga *tetep).

6. Tidak banyak charge ke vendor-vendor non rekanan. Sehingga pengeluaran tidak semakin membengkak.

7. Lokasi di tengah kota Jakarta yang tidak terlalu jauh dari rumah saya di Depok. Kalau Kiki dan keluarga bisa dimana saja karena kebetulan bukan warga Jabodetabek.

Jadi tanpa ragu, saya dan Kiki memilih tempat ini, DP, dan berlanjut ke pencarian penting selanjutnya (baca:katering) πŸ˜€

*akan dilanjut ke postingan selanjutnya ya untuk katering

oiya, berikut ini foto-foto penampakan dari gedung yang kami pilih, Balai Makarti Muktitama sebelum didekor.

tampak dari pintu ke tangga menuju keluar atap joglo dan lampu besar tam,pak samping dalam gedung tampak samping dalam gedung bagian dalam gedung dilihat dari tengah depan pintu tampak dalam masjid al muhajirin tampak ceiling masjid bagian luar masjid al muhajirin tampak luar gedung

list rekanan gedung ringkasan biaya gedung

Alamat Balai Makarti Muktitama:

Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) Jl Taman Makam Pahlawan Kalibata No 17 Jakarta Selatan
Telp: (021) 7993376

Iklan

31 respons untuk β€˜Akhirnya Dapat Gedung’

  1. Dyla berkata:

    Waaah interest mba, salam kenal kebetulan saya juga mau wedding bulan maret tp beda tempat, dan skrg lg preoare sana sini hihi..
    Mba jd udh ambil catering?catering apa mba?saya blm dpt,
    Saya baca sebelumny kakak mba ambil naurah, saya blh mnt priclistnya?krn saya tertarik dgn naurah catering, kalau boleh tlg krm ke email saya dylfaradilah@gmail.com >.<
    Terima kasih banyak mba,

    Suka

    • Hallo mbak, harga apakah? Kalau untuk gedung dan catering monggo langsung dihubungi ke pihak2nya masing2 yaa.. Karena pernikahan saya mengambil harga di 2014, jd sudah tidak relevan lg saat ini, pasti ada banyak perubahan harganya πŸ™‚

      Suka

  2. eny nor f berkata:

    Hai mbaks ari…
    Waah review nya lengkap bangeet nget nget mulai dari cari cincin, undangan catering smpe gedung aq langsung sukaaaaakk sama blog nya 😍

    Oiya mbak, utk caterig mbk pake naura catering yaa?
    Boleh minta PL nya tak mbak ke enyfitriyaa@gmail.com
    Makasih mbak sari 😊

    Suka

  3. SHASHA shasha berkata:

    Aku sudah booking buat tahun 2017 di makarti..Bagi ada yang minat tahun depan harga makarti 7.500.000 kalau ada yang mau tanya lebih lanjut bisa wa aku 08118777773 buat capeng lainnya.. indahnya berbagiπŸ™‚

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s