Undangan yang Anti Repot

Hallooo!!

Hari ini saya mau banyak posting persiapan pernikahan saya dan Kiki, alhamdulillah sudah banyak progress yang kami lakukan. Jadi sambil sharing supaya tidak lupa, dan semoga tulisannya bisa berguna untuk calon pengantin yang masih mencari-cari info πŸ™‚

Baiklah, mari kita mulai.

Untuk mencari vendor undangan, ada beberapa kesepakatan awal yang dibuat oleh dan diantara saya dan Kiki.

1. Kami mau undangan dengan bentuk simple, tidak berlebihan, tidak banyak halaman dan tidak norak.

2. Kami tidak mau ada foto kami berdua dalam undangan kami.

3. Kami tidak mau ada gelar yang dimasukkan dalam undangan.

4. Kami mau undangan yang murah dan/atau masuk ke budget.

Dan dengan kesepakatan ini, dimulailah browsing-browsing mencari kandidat percetakan undangan pernikahan saya dan Kiki.

Dari hasil ngobrol-ngobrol dengan capeng lain di grup whatsapp dan jalan-jalan di dunia maya, saya sudah mengerucutkan pilihan kami di vendor percetakan murah: Arief Jaya Printing dan Citra Printing.

Akhirnya berbekal alamat yang kami dapatkan di dunia maya, kami ke Arief Jaya Printing. Muter-muter karena belum pernah ke daerah Kampung Melayu, dan berbekal waze dan tanya sana-sini, sampailah kami di Arief Jaya Printing.

Ketika kami datang pukul 12.30 dan seluruh pekerja termasuk ownernya (Pak Haji Udin) sedang beristirahat. Kami disuruh menunggu di ruangan sebelah dan sambil menunggu kami sibuk melihat-lihat contoh undangan yang sudah jadi (karena kami tidak ada desain untuk undangan sama-sekali, agak kurang di pengetahuan desain πŸ˜› ).

Arief Jaya Printing ini ruangannya macam gudang yang bahkan tidak ada lantai ubin dan plafon atap. Di ruangannya penuh dengan mesin cetak dan pemotong kertas, dan meja kerja yang berdebu dengan tumpukan bekas undangan. Disitu saya dan Kiki sibuk melihat-lihat dan akhirnya ditemukan contoh undangan yang kami inginkan, seperti ini (mohon maaf dan mohon izin ya bagi yang undangannya kami cantumkan disini):

AJP Tampak Depan single board AJP tampak belakang single board AJP amplop dalam AJP amplop luar

Ketika Pak Haji Udin datang, kami langsung ditanya mau bikin berapa undangan dan kapan. Kami menjawab 400 untuk Maret 2015, dan beliau langsung bereaksi, “Wah itu mah masih lama banget, saya lagi banyak banget projek sampai Desember ini”. Reaksi beliau atas jawaban kami inilah yang membuat kami sedikit ragu, sepertinya ada keengganan dari beliau untuk membuat undangan kami dalam waktu cepat. Tapi berhubung sudah disini, ya kami sekalian saja tanya-tanya undangan sesuai yang kami mau. Undangan sesuai yang kami mau (sesuai gambar di atas, single board) dikenai harga Rp 5000,-/undangan. Murah yaa! Oleh beliau kami diminta mengemailkan data-data kami untuk segera dibuatkan dummy-nya oleh beliau. Sebelum pulang, Kiki diberikan kartu nama, dan diminta mengirimkan ke email yang ada di kartu nama tersebut.

Urusan undangan saya berikan sepenuhnya ke Kiki, jadi untuk pengiriman data dan pengurusan setiap hal tentang percetakan undangan akan diurus oleh Kiki, termasuk berkomunikasi dengan vendor.

Beberapa hari setelah pertemuan dengan Pak Haji Udin, Kiki memberitahukan saya bahwa alamat email Pak Haji Udin error dan dia mendapatkan info dari temannya kalau Arief Jaya Printing ini suka ngaret banget kerjanya. Kiki mulai ragu.

Akhirnya kami mulai mencari-cari kandidat percetakan undangan lainnya, dan saya mengajukan Citra Printing. Lokasinya di Depok dekat rumah saya, dan harganya juga murah seperti Arief Jaya Printing. Awalnya Kiki setuju.

Setelah beberapa hari sambil jalan-jalan di dunia maya mencari info rekomendasi percetakan undangan, saya sampaikan ke Kiki apakah mau mencari ke Pasar Tebet Barat, disana banyak sekali percetakan undangan, namun harga pasti lebih tinggi dibanding Arief Jaya Printing atau Citra Printing. Kiki mau lihat dulu. Jadilah kemarin kita sempatkan waktu untuk langsung melihat percetakan undangan di Pasar Tebet Barat.

Sesampainya di Pasar Tebet Barat saya langsung mengajak Kiki berkeliling di Toko Percetakan yang sudah direkomendasikan di dunia maya, antara lain: Mahkota Printing, Putera Karya Printing, Rampago, Dian Printing, dan Abadi Printing.

Kami mulai dengan mengunjungi Rampago. Disini untuk single board yang kami mau dihargai Rp 7.000,- /undangan dan untuk undangan yang full color dihargai Rp 8.000,- /undangan (harga ini berdasarkan dengan jumlah undangan yang akan kami buat +/- 350 undangan). Karena masih mau lihat-lihat ke yang lain, jadi kami tidak langsung deal disini.

Kami lanjut berkeliling ke tempat lain, dari semua yang kami datangi, di Putera Karya yang paling mahal, single board standar dihargai Rp 8.500,-/undangan. Di tempat lain Rp 7.500,- sampai Rp 8.000,- untuk single board, tapi Kiki sudah terlanjur jatuh cinta dengan model yang ada di Rampago, jadi kami kembali ke Rampago.

Sebelum ke Rampago saya tanyakan ke Kiki apa dia sudah yakin mau disini, karena harganya cukup jauh berbeda. Kiki bilang masih masuk akal harga disini, dan dia tidak yakin dengan Arief Jaya Printing atau Citra Printing. Kedua vendor tersebut memang murah, tapi janji ketepatan waktu untuk mengerjakan undangan sulit dipegang. Jadi daripada repot bolak balik dan menguras tenaga dan emosi, Kiki memutuskan lebih baik dibuat undangan di Rampago saja, jelas dan lebih profesional.

Setelah itu kami langsung ke Rampago, mengisi data-data kami yang akan dimuat di undangan, memberikan gambaran undangan yang kami inginkan seperti apa, dan kami deal di Rampago (melalui Mbak Pipit). Dijanjikan dalam waktu 3 hari akan dikirimkan desain undangan dan apabila sudah sepakat di desain, dalam waktu tidak lebih dari 1 bulan undangan sudah selesai dibuat.

Karena ini baru deal kemarin, jadi mari berdoa semoga hasilnya bisa memuaskan dan sesuai dengan keinginan saya dan Kiki ya.

Ya beginilah, karena kami pasangan anti repot untuk hal-hal yang menguras tenaga dan emosi, sementara itu di lain sisi masih banyak hal lain yang harus kami urus; jadi untuk undangan pernikahan, kami ambil jalan aman πŸ˜€

Seperti ini contoh undangan yang saya dan Kiki inginkan, namun dengan warna dan beberapa hal yang akan kami ubah (sekali lagi, mohon maaf dan mohon izin ya bagi yang undangannya kami cantumkan disini).

Rampago Tampak Depan Rampago Tampak Belakang Rampago amplop

[will updating this blog soon after the invitation done πŸ™‚ ]

Iklan

3 respons untuk β€˜Undangan yang Anti Repot’

  1. Maria Martha berkata:

    arif jaya printing oke kok..emg dia gak mau yang terlalu lama..tp cepet dan on time..murahnya jg oke..beda 1000 tp kalau dikali ratusan lumayan juga lho untuk dialokasikan ke pos yang lain.. good luck!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s