Alhamdulillah, 8 Maret 2015 – Part 2

Hello again!

Hai teman-teman! Jumpa lagi dengan saya disini.

Sesuai dengan janji saya di postingan sebelumnya, saya akan mereview kembali kinerja vendor-vendor dalam pernikahan saya pada 8 Maret 2015. Jadi, silahkan dibaca dengan baik yaa ๐Ÿ™‚

Disclaimer: all review in this blog are belong to my opinion and my thought, based on the fact that i’ve experienced. So if you disagree, please just keep it in your mind and push the close button ๐Ÿ˜€ย 

Mari dimulai reviewnya! ๐Ÿ˜€

3. Rias Pengantin dan Busana

Saat pernikahan, saya mengambil paketan dari Catering Naurah namun dengan beberapa items yang saya tidak ambil karena saya mengambil dari luar, diantaranya Rias Pengantin untuk pengantin pria dan wanita.

Untuk rias pengantin pria dan wanita, saya mengambil jasa dari Mila Dewi. Saat itu saya mengambil jasa beliau karena saya sudah punya pengalaman baik dengan Mbak Mila di pernikahan kakak sayaย disini. Saya mengambil jasa rias pengantin pria dan wanita (akad dan resepsi), sewa kostum pria untuk akad dan kain batik pria dan wanita serta aksesoris untuk akad. Kami memutuskan untuk menggunakan pakaian adat dan rias Jawa – Solo Putri untuk akad, dan pakaian adat dan rias Minang untuk resepsi.

Saat itu tidak ada keraguan di benak saya tentang performa Mbak Mila. Selama persiapan rias akad, Mbak Mila dapat bekerjasama dengan baik dan cukup ramah sehingga saya sampai lupa waktu dan tiba-tiba akad sudah akan dimulai saja (pukul 08.00).

Secara keseluruhan berikut ini review saya untuk rias pengantin dan busana dari Mila Dewi:

  • Datang on time, saat ini sebelum jam 4.30 baik saya dan tim Mila Dewi sudah datang di lokasi.
  • Pada saat merias untuk acara akad, Mbak Mila sangat menyenangkan dan saya terbawa relaks karena komunikasi dalam ruangan rias yang baik.
  • Pakaian yang dipinjamkan untuk calon suami di akad, kain-kain dan aksesoris yang saya dan calon suami pakai untuk acara akad dalam kualitas yang baik dan layak.
  • Hasil riasan cantik, saya suka dengan riasan mata dan alisnya, saat itu saya pakai bulu mata lapis 3 tapi tidak terasa mengganggu sama sekali. Namun sayangnya menurut saya bedaknya agak sedikit terlalu putih jadi kurang natural, mungkin karena warna kulit saya yang cenderung sawo matang.
  • Bentuk sanggul di bagian depan dan samping menurut saya agak kebesaran jd kurang proporsional dengan muka saya.

Oke saya lanjut ke rias untuk resepsi ya. Untuk rias resepsi saya tetap mempercayakan jasa Mbak Mila, namun untuk pemasangan sunting saya mempercayakan kepada Mbak yayang dari Sanggar Komala Hadi. Saya mau sunting yang saya pakai benar-benar sunting Minang otentik, bukan modifikasian yang menurut saya jadi aneh dan kurang cantik.

img_7927 img_7574

Nah disinilah ketidaknyamanan itu terjadi ๐Ÿ˜ฆ

Saat itu Mbak Mila diputuskan untuk merias muka saya, setelahnya baru dipasangkan sunting oleh Mbak Yayang. Namun, pada saat itu, sepertinya keadaan sudah mulai tidak enak. Setelah rias selesai, tim Mbak Mila tetap berada di dalam ruang rias padahal saat itu tim Mbak Yayang akan memasangkan sunting di kepala saya. Sehingga ruang rias penuh sekali. Kalau teman-teman yang sudah pernah melihat ruang rias pengantin wanita di Balai Makarti pasti tau bahwa ruang rias tersebut sangat kecil dan hanya muat maksimal 5 orang berdempetan. Sementara itu saat rias resepsi, total ada 6 orang dalam ruangan. Belum lagi ditambah fotografer yang ingin meliput. Akhirnya ruangan panas dan suasana di dalam juga cukup panas.

Entah ada apa diantara kedua tim tersebut, saat itu suasana yang saya tangkapย kurang menyenangkan. Tim Mbak Mila 3 orang (padahal yang merias saya hanya Mbak Mila dan 1 asistennya membantu pemasangan kostum untuk calon suami saya) tidak mau keluar ruangan dan sibuk mengucapkan kata-kata dengan intonasi yang menurut saya tidak perlu dilakukan karena menyebabkan keadaan menjadi tidak enak. Jujur, saat itu dan sampai saat ini keadaan tersebut yang membuat saya cukup kecewa dengan tim Mila Dewi. Sebagai pengguna jasa mereka, seharusnya mereka menghargai saya dan pilihan tim yang saya tentukan dan berusaha seprofesional mungkin untuk bekerjasama dengan tim yang telah ditentukan. Namun, mungkin Mbak Mila kurang bisa bekerjasama secara profesional dengan tim lain, sehingga ketika saya mengkombinasikan pengerjaan rias resepsi dengan tim lain, beliau menjadi kurang welcome dan tidak ramah.

Pelajaran untuk calon pengantin di luar sana yang membaca tulisan saya ini, ada baiknya ketika kita memutuskan untuk mengkombinasikan satu pekerjaan kepada beberapa tim, pastikan bahwa tim tersebut dapat bekerjasama dengan baik, dan pun bila keadaan sudah tidak baik, pastikan bahwa anda dapat bertindak tegas agar keadaan tidak berlarut-larut dan pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik sesuai kesepakatan di awal.

Baiklah, daripada kita membicarakan hal yang kurang enak, mari kita berlanjut mereview hal lainnya yang mungkin bisa berguna untuk teman-teman pembaca blog ini.

Saya mempercayakan keseluruhan hal terkait dengan adat Minang kepada Sanggar Komala Hadi, secara keseluruhan untuk performa mereka dalam tata rias resepsi dan rias & busana keluarga, among tamu dan penerima tamu sebagai berikut:

  • datang tepat waktu, sehingga keluarga dan penerima tamu yang sudah hadir bisa langsung dirias, sehingga selesai tepat waktu sebelum acara dimulai sudah cantik dan siap.
  • perias ada beberapa yang ramah, tapi ada yang kurang ramah juga (menurut cerita kakak saya), tapi so far hasil kerja cukup memuaskan, riasan tidak terlalu berlebihan namun tetap cantik.
  • pakaian yang disediakan dalam keadaan yang baik dan sesuai dengan yang telah kami pesankan. sehingga saat itu tidak ada tragedi atau drama-drama baju yang tidak cukup atau kurang.
  • kalau untuk rias dan busana dan sunting resepsi untuk pengantin, saya sangat puas. Saya suka sekali bajunya, nuansa Minang tradisional dapat, tapi tidak kuno. Warnanya pun hijau, my fav calour! ๐Ÿ˜€ Pun jahitannya masih bagus dan tidak ada cacat saat dipakai di resepsi.
  • Pemakaian sunting cepat, dan amazingly tidak berat sama sekali dan tidak sakit! awalnya cukup degdegan takut suntingnya nyakitin kepala dan bikin pusing, tapi ternyata tidaaakk! suntingnya cuman berasa tinggi pas dibawa jalan, tapi tidak berat apalagi sakit. Nice work Mbak Yayang n team! ๐Ÿ™‚

Komala Hadi (Mbak Yayang) : 081386108998

img_7929 img_7943

Untuk kebaya akad saya buat di Mas Komar, Kiara Butik – Kelapa Dua ya. Langganan dari jaman gadis sampai saat ini. Kualitasnya bagus dengan harga yang okeee banget ๐Ÿ˜€

Mas Komar – Kiara Butik : 081317192558

img_7558 img_7850 img_7797

4. Dokumentasi

Untuk dokumentasi keseluruhan dari pengajian, akad dann resepsi, saya mempercayakannya ke Mas Angli dan tim. Kebetulan Mas Angli sahabat kakak saya sejak jaman SMP, dan beliau sudah aktif di dunia fotografi sejak lama. Alhamdulillah tidak pernah ada masalah komunikasi dengan Mas Angli dan tim. Hasilnya cukup memuaskan, dan harganya pun sangat bersahabat!:)

Bisa dilihat videonya pun juga bagus sekali kan. Emosinya tercapture dengan baik ๐Ÿ˜€

Mas Angli Photography: 085711107578

5. Lain-lain

Untuk musik adat Minang (talempong), tari-tarian Minang, dan dekorasi Minang semua saya pesan dari Komala Hadi. Untuk keseluruhan adat Minang bisa dikatakan kalau Komala Hadi memberikan kualitas baik dengan harga sangat bersahabat ๐Ÿ˜€

img_8072

Untuk suvenir resepsi, saya memesan mug dove ukuran sedang di Alfiandra Cipinang. Believe me, Alfiandra is the best souvenir place in Jakarta ๐Ÿ˜€ Lokasinya mudah di temukan, persis di belakang LP Cipinang. Harganya asli murah banget. Pegawainya banyak jadi ga takut ga akan dilayani. Dan pilihan suvenirnya banyak dari harga yang murah parah sampai yang lumayan mahal ada. Jadi kalau mau cari suvenir nikahan, better check Alfiandra first yaa ๐Ÿ˜€

Alfiandra Souvenir
Alamat Gudang: Jl. Cipinang Pulo RT 15/11 No. 11, Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur 13410
Telp: (021) 98880301, 8561305, 85912177, 99616347

Untuk foto prewedding, saya menggunakan jasa teman saya sendiri, Tegar dan rias oleh Mbak Tyta. Kebetulan Tegar ini sudah aktif foto-foto sejak lulus SMA, jadi dengan harga persahabatan bisa deh difoto-foto asik buat prewed ๐Ÿ˜€

Kami tentukan lokasi di Universitas Indonesia. Alasan pemilihan lokasi foto di UI ย karena saya suka UI (hahaha boleh dong alumni bangga :D), lingkungan UI itu cantik dan adem, pun gratis doong yaa asal kita urus ke gedung biru. Jadi kalau ada yang gratis dan bagus, ngapain juga cari yang lain berbayar :p

So far kami suka dengan foto-foto yang dihasilkan Tegar dan riasan dari Mbak Tyta. Kami ga suka yang berlebihan. Jadi Oke kaan! *PS foto prewed kami no cliche romantis-romantis peluk-pelukan karena saya dan Kiki ga suka liat foto macam begitu hehehe

(foto menyusul dicari dulu yaa)

Okay then, its done! maafkan yaa sudah kelamaan banget ga di post, tapi ya better late then never ๐Ÿ˜›

PS: mengingat bahwa pernikahan saya sudah setahun lebih, ย dan harga yang kami ambil yaitu harga di tahun 2014, maka mohon maaf price list atau apapun terkait harga tidak dapat kami infokan yaaa. Karena menurut kami harganya pasti sudah sangat berbeda dengan saat ini. Jadi sudah tidak relevan. So, ย try to contact the vendor itself okay! ย ๐Ÿ™‚

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s